11 Buah yang baik untuk menjaga Kesehatan Kulit

 11 Buah yang baik untuk menjaga Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat, kenyal, cerah, dan terawat tentunya menjadi idaman semua orang. Di tengah banyaknya suplemen yang menjanjikan kulit mereka menjadi sehat, tetapi mereka harus merogoh kocek yang tak sedikit. Namun, sebenarnya ada cara lain untuk mendapatkan kulit yang sehat. 

Dengan pemberian asupan yang baik bagi tubuh merupakan cara yang sangat ideal utntuk diterapkan dan semua orang pun dapat melakukannya. perawatan dari dalam merupakan cara efektif  yang dapat Kamu lakukan dengan mengkonsumsi makanan tertentu, termasuk buah yang baik untuk kesehatan untuk kulit. Lantas apa saja buah tersebut ?


Buah yang baik untuk perawatan Kulit

Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh manusia. Fungsi dari kulit ialah melindungi tubuh dari paparan kuman, mikroba, dan infeksi apabila mungkin dapat terjadi. Selain itu, kulit juga berfungsi penting sebagai indra yang merasakan sensasi dan mengatur suhu tubuh. 

Mengingat ada berbagai macam fungsi kulit yang sangat penting bagi tubuh, maka mengonsumsi makanan sehat, termasuk berasal dari buah - buahan, ternyata baik untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh secara menyeluruh. 

Berikut merupakan beberapa jenis buah yang bagus untuk kulit agar tetap sehat dan terawat :

1.    Buah Berry

Source : I Stock

Buah - buahan dari kalangan Berry seperti Stroberry, Blueberry, Raspberry, Blackcarrent dan yang lainnya memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan kulit. Buah yang kaya akan nutrisi seperti Vit. A, B1, B2, C, K, serat, serta antioksidan nya memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh seperti :

  • Mengembangkan Kemampuan Otak. 
  • Merawat Kesehatan Mulut. 
  • Mengintrol gula darah.
  • Memperkuat Fisik Melawan Sel Kanker. 
  • Membantu mengurangi berat badan.
  • Mengurangi Risiko Penyakit kolesterol.
  • Melawan radikal bebas.

Selain itu manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kulit sendiri yaitu membantu merenegerasi sel - sel kulit yang mati, membantu kulit menjadi cerah dan glowing, dan membantu proses penyembuhan luka.

Tak hanya disitu dilansir dari www.momsmoney.id ada beberapa kalangan buah Berry yang djadikan bahan utama dari produk pembuatan Skincare.

2.    Pisang

Source : I Stock

Pisang mempunyai segudang manfaat yang baik untuk kesehataan kulit wajah. Pisang mampu membuat wajah Kamu terlihat bersinar secara alami, karena di dalam pisang mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit tubuh. Baik untuk peremajaan bahkan perbaikan kulit. Pisang juga membantu menutrisi kulit dan membuatnya lebih sehat dari dalam. 

Buah pisang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Pisang mengandung provitamin A, vitamin B, tiamin, riboflavin, niasin, vitamin C dan vitamin B6, serta potasium. Kandungan tersebut sangat berkhasiat untuk menjaga dan memperbaiki kondisi kulit wajah.

Beberrapa manfaat lain dari buah pisang seperti :

  • Mengangkat sel kulit mati.
  • Menghidrasi Kulit.
  • Mencerahkan Kulit wajah.
  • Mengencangkan Kulit.
  • Mengatasi dan menyamarkan bekas jerawat.
  • Menyamarkan flek hitam.

3.    Alpukat

Salah satu jenis buah yang baik untuk kulit wajah ialah alpukat. Buah yang baik untuk kulit ini merupakan sumber lemak yang sehat. Lemak sehat mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk dalam menjaga kesehatan kulit. 


Sebuah riset yang dimuat dalam British Journal of Nutrition membuktikan bahwa mengonsumsi lemak sehat, termasuk dari buah alpukat, dapat membuat kulit terasa kenyal serta elastis. 

Lebih lanjut, sejumlah penelitian pada tahap awal menyatakan bahwa manfaat alpukat untuk kulit berasal dari beberapa senyawa yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dari matahari. 

Buah alpukat juga mengandung vitamin E dan C yang baik sebagai sumber antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan peradangan. 

4.    Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah untuk kesehatan kulit. Kandungan dari pepaya ini diantaranya molekul antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Manfaat buah pepaya untuk kulit juga dapat mengurangi garis halus dan kerutan yang menjadi tanda-tanda penuaan dini. 

Beberapa kandungan buah pepaya yang cocok menjadi pilihan buah yang baik untuk kulit, yaitu:

  • Vitamin A, C, K, dan E
  • Vitamin B Kompleks
  • Kalsium
  • Fosforus
  • Kalium
  • Magnesium

Lebih memukau lagi, buah pepaya mengandung enzim papain. Enzim papain ini sering kali ditambahkan ke dalam produk - produk eksfoliasi kulit yang bertindak sebagai zat anti radang dan mencegah penuaan.

5.    Tomat

Buah yang baik untuk kulit menjadi sehat berikutnya ialah tomat. Tomat kaya akan vitamin dan mengandung pigmen alami karotenoid berupa senyawa likopen. Tomat juga mengandung vitamin C yang terbukti sebagai molekul antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit, termasuk dengan membantu produksi kolagen. Selain itu, senyawa likopen ini diyakini para ahli mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

Fungsi likopen ialah dapat mencegah kerutan. Kamu dapat membantu tubuh untuk optimal dalam menyerap karotenoid, seperti likopen, dengan mengonsumsi sedikit sumber lemak sehat lain bersamaan dengan tomat. Sumber makanan lemak sehat tersebut, antara lain minyak zaitun.

6.    Jambu Biji

Ragam manfaat jambu biji untuk kesehatan membuatnya mungkin menjadi salah satu buah yang populer di Indonesia. Selain itu, jambu biji juga menjadi buah yang baik untuk kulit yang dapat konsumsi. Jambu biji, bersama buah tropis lain (mangga, kiwi, dan nanas), menjadi sumber buah-buahan yang mengandung vitamin C. 

Konsumsi vitamin C di hubungkan dengan peningkatan produksi kolagen. Selain itu, jambu biji juga memiliki sedikit kandungan zinc, yakni salah satu faktor yang mampu memproduksi kolagen.

7.    Jeruk

Source : I Stock

Jeruk menjadi buah yang identik mengandung tinggi vitamin C serta antioksidan. Vitamin C sendiri ini berkaitan dengan produksi kolagen untuk kulit  sehat. Selain jeruk, buah sitrus lain pun penting untuk kesehatan kulit dan mudah dicari, seperti lemon dan jeruk bali.

8.    Kiwi

Buah kiwi baik untuk kulit karena mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik mencegah infeksi kulit dan kulit kendur.  Buah kiwi juga mengandung vitamin C yang dapat membantu kulit memproduksi kolagen. Selain itu, buah kiwi juga dapat mengendalikan produksi minyak berlebihan sehingga dapat mengurangi kemungkinan wajah menjadi lengket. 

Penelitian menunjukkan bahwa kulit buah kiwi kaya akan antioksidan yang bisa menjadi pelindung alami bagi kesehatan tubuh. Bahkan ada kandungan antioksidan khusus yang jauh lebih tinggi pada kulit daripada daging buahnya.

9.    Semangka

Kandungan air yang berlimpah dalam buah semangka membuatnya menjadi primadona dan menjadi pilihan buah yang baik untuk perawatan kulit sehat. Hal ini tidaklah tanpa alasan karena semangka mengandung astringent alami yang mampu mengencangkan kulit. Buah untuk kesehatan kulit ini juga dapat merevitalisasi kulit kusam menjadi lebih cerah. Selain itu, kandungan karoten di dalamnya diyakini dapat mengendalikan tanda - tanda penuaan.

10.    Apel

Manfaat buah apel untuk kulit memang tidak disangka-sangka. Buah apel juga mampu mencerahkan kulit kusam sekaligus efektif menghilangkan patogen dan minyak berlebih di wajah. 

Berikut beberapa manfaat dari buah apel untuk kulit :

  • Kulit Menjadi Cerah dan Lembut. 
  • Mencegah Munculnya Jerawat. 
  • Melindungi Kulit dari Sinar UV. 
  • Mencegah Garis-Garis Halus.

11.    Delima

Buah delima adalah sumber nutrisi pilihan yang baik bagi kesehatan kulit lainnya. Manfaat buah delima bagi kulit ialah membantu menyamarkan garis-garis di wajah dan bintik - bintik cokelat / flek hitam di wajah. 

Kandungan polifenol dalam buah delima mampu melawan radikal bebas, mengangkat sel - sel kulit  mati dan meningkatkan aliran darah sehingga kulit tampak lebih sehat. Delima juga mampu mencegah dan mengobati kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet yang berasal dari matahari. 

Kamu bisa mendapatkan manfaat dari buah ini dengan cara mengonsumsinya secara teratur sebagai jus. Dengan mengkonsumsi kulit buah delima secara bersama dengan bijinya dipercaya dapat mendorong pertumbuhan sel kulit dan menghambat munculnya keriput secara alami. 



WebMD. Diakses pada 2021. The ABCs of a Healthy Skin Diet
BBC Good Food. Diakses pada 2021. Eat your way to fabulous skin
Healthline. Diakses pada 2021. The 12 Best Foods for Healthy Skin
https://www.momsmoney.id/news/kaya-akan-vitamin-c-ketahui-manfaat-buah-berry-untuk-perawatan-kulit

Posting Komentar untuk " 11 Buah yang baik untuk menjaga Kesehatan Kulit"