7 Mineral yang baik untuk Kesehatan Kulit

 7 Mineral yang baik untuk Kesehatan Kulit

7 Mineral yang baik untuk Kesehatan Kulit

Kulit merupakan bagian terluar dan terluas dari tubuh serta memiliki fungsi yang sangat penting, sehingga diperlukan menjaga kesehatannya. Menurut US National Library of Medicine, National Institute of Health, mereka pun menyebut bahwa kulit merupakan garis pertahanan pertama untuk melindungi tubuh terhadap gangguan eksternal, termasuk sinar UV, tekanan mekanik/kimia, dan infeksi bakteri. Meskipun begitu kita tak perlu terlalu khawatir & senantiasa memelihara kesehatan kulit, nutrisi merupakan salah satu dari banyak faktor yang diperlukan.

Dengan semua keberagaman manfaat dari antioksidan dan vitamin untuk mencegah kulit dari penuaan dini, mineral sering hilang dalam perhatiannya, dan juga banyak orang bertanya apa mineral terbaik untuk menjaga kesehatan kulit dan bagaimana cara agar bisa mendapatkannya?

Fakta membuktikan bahwa mineral merupakan bagian integral dari kesehatan kulit. Kulit kita juga membutuhkan mineral tertentu agar tetap sehat dan menghasilkan jumlah kolagen dan elastin yang tepat agar tetap terlihat awet muda.

Mineral merupakan kelompok mikronutrien bagi tubuh, yang artinya zat ini hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sangat sedikit saja. Nah, untuk menjaga kesehatan kulit, berikut 7 ragam mineral yang dibutuhkan, serta khasiatnya masing - masing.

7 Mineral Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Kulit

7 Mineral Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Mineral merupakan bagian dari setiap sel hidup tubuh dan mereka bekerja sama untuk membangun dan mengatur banyak fungsi tubuh. Mereka pada dasarnya diibaratkan sebagai busi yang menjaga mesin kita tetap hidup.

Diet seimbang yang kaya akan buah dan sayuran organik segar, asam lemak esensial dari makanan seperti ikan berminyak dan alpukat, protein berkualitas tinggi dan banyak air murni akan memastikan Anda menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan kulit yang optimal, tetapi ada banyak faktor yang dapat membuang keseimbangan mineral dalam tubuh kita.

Ini termasuk stres dan kecemasan, serta terlalu banyak minum alkohol dan gula. Tambahkan itu ke penipisan mineral secara keseluruhan di tanah karena monokultur dan pertanian modern, dan ada kemungkinan kekurangan mineral.

1.    ZINC (Seng)

Seng merupakan salah satu  Mineral yang baik untuk Kesehatan Kulit karena Seng menjadi menjadi penyembuhan yang paling penting untuk kulit, dan penting bagi penderita jerawat. Seng mampu mengontrol produksi minyak di kulit dan membantu mengontrol beberapa hormon yang dapat menyebabkan jerawat. Itu juga diyakini karena Zinc memiliki sifat antioksidan untuk melindungi tubuh terhadap penuaan dini pada kulit dan otot. 

Seng juga membantu mempercepat laju penyembuhan kulit setelah cedera dan sangat bermanfaat bagi semua bagian sistem kekebalan tubuh. Ini diperlukan untuk memecah alkohol, jadi minuman keras akan menyebabkan kekurangan. Ini kemungkinan yang menjadi sebab mengapa setelah minum alkohol kulit menjadi terlihat kusam dan wajah terlihat lelah.

2.    MAGNESIUM

Magnesium menjadi salah satu mineral penting untuk kesehatan kulit, tulang, gigi, rambut hingga otot, dan mineral ini juga membantu menjaga sistem saraf berjalan lancar. Kekurangan magnesium dapat mempercepat terjadinya penuaan kulit. Ditambahkan ke produk perawatan kulit, juga bermanfaat dengan membantu mempertahankan elastisitas kulit. 

Makanan cepat saji dan minuman ringan serta terlalu banyak konsumsi alkohol dapat dengan cepat menghabiskan dan melarutkan magnesium dalam tubuh, jadi lebih baik dihindari. Jika telah terlanjur minum alkohol, maka konsumsilah beberapa suplemen kesehatan berkualitas baik sebelum tidur. Pastikan formulanya mengandung magnesium sitrat.

3.    SELENIUM

Selenium adalah salah satu mineral penting untuk kesehatan kulit, antioksidan kuat yang penting dalam menjaga elastisitas dan kelenturan kulit. Beberapa penelitian menunjukkan selenium memiliki manfaat kesehatan yang dapat membantu melindungi terhadap kanker kulit, karena melindungi kulit dari kerusakan UV.

4.    TEMBAGA

Tembaga bermanfaat bagi kesehatan kulit dengan meningkatkan produksi kolagen dan elastin, yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Tembaga juga membantu meningkatkan fungsi antioksidan (seperti selenium) yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif. Tembaga bekerja bersama vitamin dan seng untuk membantu menciptakan elastin, protein yang membuat kulit tetap fleksibel. Makanan tembaga juga diperlukan untuk mengubah asam amino tirosin untuk meningkatkan pigmen rambut dan kulit.

5.    SULFUR

Sebagai mineral ketiga yang komposisinya terbanyak dalam tubuh manusia ialah Sulfur. Sulfur berperan penting dalam sintesis kolagen. Kurangnya produksi kolagen pada saat menua juga merupakan salah satu faktor terbentuknya keriput. University of Pittsburgh Medical Center pun menyebutkan bahwa sulfur juga dapat membantu pengelupasan sel kulit mati. Selain itu, sulfur pun dibutuhkan dalam proses sintesis glutathione, yaitu salah satu antioksidan terpenting yang diperlukan tubuh untuk melawan radikal bebas.

6.    KALSIUM

Tidak kalah penting Kalsium juga termasuk Mineral yang baik untuk kesehatan kulit, kita semua tahu betapa pentingnya asupan kalsium yang cukup untuk kesehatan gigi serta tulang, tetapi ini juga merupakan mineral penting yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. 

Tubuh manusia mengandung lebih banyak kalsium dari pada mineral lainnya, terdapat sekitar 90% dari struktur tulang kita terdiri darinya. Ini memainkan peran utama dalam memberikan kekencangan dan elastisitas untuk kulit serta semua jaringan dan sel tubuh. 

Makanan kaya kalsium juga dapat mencegah jerawat. Kekurangan kalsium akan mengakibatkan kulit rapuh dan tipis, rambut rontok, tulang lemah dan kuku rapuh. Wanita hamil dan menyusui membutuhkan lebih banyak karena cadangan kalsium ibu diambil pada saat - saat ini. Jika Kamu ingin meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan, maka kalsium merupakan suatu keharusan.

7.    POTASIUM  (KALIUM)

Kalium, bersama dengan natrium, membantu mengatur jumlah air dalam sel tubuh, sehingga kekurangan kalium dalam makanan dapat menyebabkan kulit kering dan gangguan kulit lainnya. Kalium merupakan elektrolit, yang berarti memegang muatan listrik, yang dibutuhkan sel untuk berfungsi secara normal. 

Kebanyakan orang mendapatkan cukup kalium melalui makanan sehari-hari mereka, tetapi jika Kamu terkena sakit diare atau kehilangan banyak cairan melalui keringat, Kamu mungkin perlu mengonsumsi bubuk elektrolit untuk menambah persediaan. Manfaat kesehatan kalium sangat penting untuk perawatan kulit, bersama dengan menjaga kesehatan secara keseluruhan, tetapi cobalah untuk menghindari jumlah harian yang disarankan.



https://www.alodokter.com 
https://www.halodoc.com 
htpps://www.hellosehat.com 
https://www.sehatq.com 
https://www.halodoc.com/artikel/inilah-manfaat-8-ragam-mineral-untuk-kesehatan-kulit
https://www.muktiorganics.com/blogs/news/7-super-minerals-for-skin-that-will-improve-your-skin-to-infinity-and-beyond
https://www.webmd.com/beauty/nutrients-for-healthy-skin

Posting Komentar untuk "7 Mineral yang baik untuk Kesehatan Kulit"