9 Bahan Alami ini Baik untuk Meredakan Gatal pada kulit

 9 Bahan Alami yang Baik untuk Meredakan Gatal pada kulit

9 Bahan Alami yang Baik untuk Meredakan Gatal pada kulit

“ Rasa gatal yang terjadi pada kulit dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya ialah tubuh mengalami alergi. Dalam mengatasi gatal terdapat beberapa bahan alami yang baik untuk meredakan gatal pada kulit serta dapat digunakan untuk meredakan gejalanya sehingga tidak memperparah. Contohnya seperti pada tanaman lidah buaya yang dapat membantu meredakan iritasi pada kulit akibat dari gatal atau kering.” 

Gatal pada kulit bisa sangat mengganggu ketika sedang beraktivitas, bahkan terkadang menyakitkan bila digaruk secara terus - menerus. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit gatal, salah satu reaksinya adalah alergiSaat gatal menyerang tubuh, biasanya seseorang menggaruk permukaan kulit untuk meredakan gejalanya.

Perlu Kamu tahu sebenarnya menggaruk kulit yang gatal tidak disarankan dan bisa saja memicu permasalahan kulit lainnya? Contohnya seperti kulit kering, bersisik, serta munculnya luka. 

Menggaruk kulit yang gatal hanya dapat memperparah kondisinya. Terdapat banyak jenis obat - obatan serta salep yang bisa digunakan oleh penderita untuk meredakan gatal bahkan alergi. Tetapi, tidak semua obat tersebut cocok bagi penderitanya.

Untuk itu, kamu dapat memanfaatkan bahan - bahan alami yang ada di rumah. Lalu apa saja bahan alami dan ramuan yang dapat digunakan untuk mengatasi gatal ?

Bahan Alami untuk Membantu Meredakan Gatal

Bahan alami yang baik untuk membantu meredakan gatal pada kulit biasanya kebanyakan merupakan tanaman herbal. Berbagai tanaman herbal ini dapat dijadikan alternatif pengobatan alami dalam mengatasi kulit gatal akibat alergi. Jadi, bahan alami tersebut dapat menjadi pengganti obat medis dari dokter.

Gatal karena alergi merupakan hal yang umum terjadi dan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Gejala ini terjadi akibat sistem kekebalan tubuh salah melawan zat yang sebetulnya tidak berbahaya (alergen). Saat alergen masuk atau menyentuh tubuhmu, tubuh akan mengeluarkan antibodi dan histamin yang menyebabkan peradangan seperti ruam dan gatal di kulit.

Bahan alami untuk mengatasi kulit gatal akibat alergi bisa mempercepat penyembuhan. Hal ini tentunya lebih baik dibanding menggaruk kulit yang gatal tersebut. Menggaruk kulit yang gatal sebenarnya tidak disarankan dan bisa memicu masalah kulit lainnya, seperti kulit kering, bersisik, dan muncul luka. 

Sebagai pertolongan pertama, kamu dapat menggunakan beberapa bahan alami berikut ini untuk mengatasi gatal pada tubuh, seperti: 

1.    Lidah Buaya 

Salah satu tanaman yang dikenal memiliki berbagai khasiat untuk kulit ialah lidah buaya. Lidah buaya menjadi bahan alami yang baik untuk membantu meredakan gatal pada kulit, dengan mengoleskan gel lidah buaya dapat membantu meredakan iritasi karena kulit gatal serta kulit kering. Kandungan dalam tanaman ini membantu melembapkan dan menjaga tingkat air di dalam kulit tetap tercukupi. 

Melansir StyleCrazelidah buaya mengandung aloin, senyawa bioaktif yag memiliki efek penghambatan pada sintesis melanin. Nah, senyawa inilah yang bisa mencerahkan kulit kita.

Berikut beberapa manfaat lainnya dari Lidah Buaya :

  • Mencegah Tanda Penuaan.
  • Penyembuh Luka.
  • Efektif Melembapkan Kulit
  • Menenangkan dan Menghidrasi Kulit
  • Mengurangi Stretch Mark.
  • Mengurangi Inflamasi atau Peradangan.
  • Mengurangi Ketombe.
  • Media Detoksifikasi Alami. 

2.    Cuka Apel

Cuka apel dapat dijadikan andalan sebagai obat gatal alami. Hal ini disebabkan karena zat anti septik, anti - jamur, dan anti - bakteri yang dikandungnya. Efeknya dapat mengurangi rasa gatal, terutama pada kulit yang kering. Teteskan cuka sari apel ke kapas atau kain lap lalu oleskan pada daerah yang terkena iritasi, gatal, dan ruam pada tubuh.

Cuka apel juga mengandung komponen antimikroba yang bertindak sebagai pembersih alami bagi kulit. Sedangkan asam alfa hidroksi dan asam asetatnya dengan lembut melarutkan kulit mati dan menstimulasi sirkulasi, sehingga membuat kulit menjadi lebih cerah dan kencang.
Berikut beberapa manfaat lainnya dari Cuka Apel :
  • Mengatasi Hiperpigmentasi.
  • Mengatasi Jerawat.
  • Mengangkat sel kulit mati.
  • Mengatasi kulit terbakar akibat paparan sinar matahari.
  • Menjadi bahan Eksfoliasi 
  • Mengurangi bercak penuaan dan bintik hitam

3.    Kunyit

Kunyit mengandung senyawa aktif bernama kurkumin yang memiliki sifat sebagai anti inflamasi dan bakterisida. Senyawa ini yang membantu untuk mengobati peradangan yang gatal  pada kulit. Selain itu, Kunyit juga mengandung zat yang kaya antioksidan. Zat ini yang mungkin dapat membantu membuat kulit tampak sehat dan berkilau serta menangkal radikal bebas. 

Kunyit diyakini dapat kembali menyegarkan kulit dengan mengeluarkan cahaya alaminya. Menggunakan masker dari bahan kunyit sangat baik untuk memberikan perawatan kulit secara alami.

4.    Es Batu

Mengkompres bagian kulit yang gatal dengan memakai Es Batu juga dapat membantu meringankan gejala gatal pada kulit. Caranya dengan meletakkan kantong es atau Es Batu yang yang dilapisi kain ke permukaan kulit tubuh yang terasa sangat gatal.

5.    Perbanyak Minum Air Putih 

Gatal pada kulit juga bisa saja terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah meningkatkan konsumsi air putih. Ringkasnya, dengan memperbanyak minum air putih bisa membantu mengatasi gatal pada tubuh. 

6.    Minyak Kelapa 

Minyak kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gatal pada kulit. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa minyak kelapa ampuh mengatasi masalah kulit, termasuk gatal karena peradangan yang diakibatkan oleh alergi.

Minyak kelapa tidak hanya sebagai anti inflamasi, tetapi juga dapat menghilangkan rasa sakit karena peradangan. Mengoleskan minyak ini juga membantu meningkatkan kadar antioksidan yang berfungsi untuk menangkal dan melawan radikal bebas serta mengatasi peradangan pemicu gatal - gatal. 

7.    Daun Sirih

Daun sirih mengandung chavicol para allyphenol yang memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Sehingga cocok dipakai sebagai obat gatal alami. Obat ini bisa membantu meredakan ruam maupun gatal - gatal yang timbul akibat alergi atau biduran. Jadi daun sirih pun menjadi bahan alami yang baik untuk membantu meredakan gatal pada kulit

8.    Oatmel

Oatmeal selain dikenal sebagai makanan yang sehat dan lezat, ternyata dapat digunakan sebagai obat gatal secara alami. Terutama pada kulit gatal yang diakibatkan alergi hingga mengalami ruam merah. Hal ini disebabkan karena oatmeal memiliki sifat humektan. Sifat ini bisa sekaligus melembapkan kulit yang meruam. 

Menurut penelitian dari International Journal of Molecular Science, menunjukkan minyak dalam gandum dapat membantu memperbaiki kulit. Kandungan dari zat anti-inflamasi seperti minyak linoleat, asam oleat, dan avenanthramides merupakan penyebabnya. 

9.    Daun Pegagan

Centella asiatica dikenal dengan sebagai sebutan pegagan. Tanaman herbal yang satu ini bisa diandalkan sebagai obat gatal alami. Hal ini disebabkan karena kandungan anti alergi, anti pruritus, dan anti peradangan yang dimilikinya.

Tak jarang daun pegagan diambil ekstraknya untuk dijadikan cairan yang berfungsi mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit. Biasanya daun pegagan digunakan untuk mengurangi peradangan pada penderita penyakit psoriasis dan dermatitis.

Selain sebagai obat gatal, daun pegagan juga sering digunakan untuk menyamarkan kemunculan stretch marks di kulit. Hal ini disebabkan oleh senyawa terpenoid yang terkandung dalam Centella asiatica membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

21. The 8 Best Remedies for Itching. Healthline. Diakses pada 2021. 7 Amazing Uses for Aloe Vera. 
Healthline. Diakses pada 2021. Is Coconut Oil Good for Your Skin?
Healthline. Diakses pada 2021. Can Turmeric Help Fight Eczema?
The Healthy. Diakses pada 2021. 8 Trusted Home Remedies for Itchy Skin. 
Healthline. Diakses pada 2021. Ways to Use Apple Cider Vinegar for Your Face.
Everyday Health. Diakses pada 2021. Should You Add Apple Cider Vinegar to Your Skin-Care Routine?
Medical News Today. Diakses pada 2021. Does apple cider vinegar have benefits for e face?th

Posting Komentar untuk "9 Bahan Alami ini Baik untuk Meredakan Gatal pada kulit"